Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Urban: Jurnal Seni Urban dan Industri Budaya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Kami menerima artikel Anda. Artikel yang dikirim kepada Jurnal Urban belum pernah dipublikasikan di mana pun dan tidak sedang ditinjau untuk dipublikasi ke jurnal lain. Harap ikuti kriteria-kriteria berikut ini:

BAHASA

  1. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  2. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, harus tunduk kepada Ejaan Yang Disempurnakan.
  3. Jika artikel ditulis dalam bahasa Inggris, ikutilah ejaan menurut English British.

HAL-HAL YANG PERLU DILENGKAPI

  1. Artikel dikirim melalui lampiran e-mail atau CD.
  2. Ilustrasi (seperti tabel, diagram, peta atau bagan lain, atau foto) harus diserahkan dalam file terpisah. Foto dan peta digital harus dalam resolusi tinggi, tidak kurang dari 300 dpi (dalam file JPEG).
  3. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Panjang abstrak tidak lebih dari150 kata.
  4. Kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  5. Keterangan tentang penulis mencakup informasi tentang afiliasi terkini, bidang penelitian yang diminati, judul publikasi utama (tidak lebih dari dua) dan alamat e-mail.

PANJANG ARTIKEL

Panjang artikel sebaiknya antara 15 dan 20 halaman kertas A4; tidak termasuk Abstrak, Kata Kunci, dan Bibliografi. Artikel diketik dalam font Times New Roman, 12 poin, dengan spasi baris 1,5, dalam format Word (.doc atau .docx).

SINGKATAN

Beberapa singkatan seperti &, dst., dll. disarankan untuk tidak digunakan. Sebaiknya menulis singkatan itu secara lengkap. Singkatan nama seperti LIPI, Kemdiknas, LSM, TNI digunakan apabila singkatan tersebut muncul lebih dari satu kali dalam artikel dan pada kemunculan pertamanya ditulis secara lengkap dengan menambahkan singkatannya di dalam kurung. Sebagai contoh, Kemdiknas (Kementrian Pendidikan Nasional).

CETAK MIRING

Judul buku dan nama jurnal harus dicetak miring. Semua kata asing harus dicetak miring. Nama diri tidak dicetak miring meski dalam bahasa asing.

NAMA

  1. Bila nama seseorang disebut untuk pertama kalinya, penyebutan itu harus mencakup nama depannya atau inisialnya. Sebagai contoh, P.G.J. van Sterkenburg, Seno Gumira Ajidarma.
  2. Nama-nama yang memiliki artikel seperti van, ter, de yang melekat pada nama orang Belanda ketika berdiri sendiri ditulis dengan huruf kapital: Van der Capellen, Ter Aar, De Vries; tetapi ditulis dengan huruf kecil ketika nama ditulis lengkap seperti J.D. van der Capellen, M. Ter Aar, J.W. de Vries.

TANGGAL

  1. Dalam teks format tanggal ditulis demikian: 9 Mei 2017; pada catatan dan bibliografi ditulis 9-5- 2017.
  2. Dalam teks format penulisan tahun harus lengkap: 1945-1990; pada catatan dan bibliografi ditulis: 1945-90.
  3. Abad ditulis lengkap: abad keduapuluh.

KUTIPAN DAN TANDA KUTIP

  1. Gunakan tanda kutip ganda ( “ ): “Visual Culture is a tactic for those who do not control such dominant means of visual production to negotiate the hypervisuality of everyday life in a digitized global culture (Nicholas Mirzoeff, 1998: 4)
  2. Kutipan dalam kutipan menggunakan tanda kutip tunggal ( ‘ ).
  3. Kutipan yang panjangnya melebihi 3 baris harus ditulis terpisah dan indent (dalam hal ini tanda kutip tidak diperlukan).

CATATAN KAKI DAN REFERENSI

  1. Tempatkan nomor catatan kaki sesudah tanda baca, sesudah koma, sesudah titik.
  2. Referensi yang mengacu kepada satu atau dua tulisan ditempatkan dalam kurung dalam teks (....)
  3. Lebih dari satu tulisan oleh penulis yang sama dipisahkan dengan koma (Jones, 1998: 66, 2002: 24, 2003: 90).
  4. Lebih dari satu penulis dengan nama belakang yang sama ditulis dengan menambahkan inisial pertama (H. Geertz, 1971: C. Geertz, 1976).
  5. Banyak penulis: (...)
  6. Tulisan yang belum terbit didaftarkan sebagai ‘akan terbit’.
  7. Ulangi nama pengarang dan tahun, dan beri halaman. Tidak perlu menggunakan cara lama yang menggunakan ibid, loc.cit, op.cit, dan sebagainya.


(TULISAN YANG DIMASUKKAN HANYA YANG DIKUTIP DI DALAM TEKS)

  1. Nama pengarang harus mencakup nama lengkap bila ditulis pada halaman judul.
  2. Jika seorang penulis dikutip lebih dari satu tulisannya, bedakan tulisan-tulisan itu dengan menambahkan huruf a, b, c pada tahunnya (Mirzoeff, 1998a, b, c) .
  3. Untuk karya tanpa nama, tuliskan dua atau tiga kata yang diambil dari judulnya dan dicetak miring: Pengaruh dominasi laki-laki. 2005. Pengaruh dominasi laki-laki atas peluang kerja bagi perempuan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Untuk judul dari sebuah jurnal dan majalah berkala lainnya, gunakan huruf kapital untuk awal kata utama (Urban, Jurnal Seni Urban).
  5. Dalam menuliskan judul dari sebuah buku atau artikel, huruf kapital hanya digunakan untuk nama diri.
  6. Untuk tesis Magister, makalah konferensi, dan manuskrip yang belum diterbitkan, lihat di bawah ini:

Permata Ayu, Ardianti. 2015. “Relasi dalam Pergeseran Fungsi Ruang dan Kelas Masyarakat Pengguna Ruang Terbuka Hijau Studi Kasus: Taman Surapati”. Tesis Magister, Sekolah Pascasarjana IKJ.
Hoed, Benny H. 2013. “Semiotik Disiplin Yang Terbuka” [Makalah, Seminar Nasional, Semiotik, Pragmatik, dan Kebudayaan, Depok, 30 Mei 2013]

  1. Dokumen elektronik:United Nations. 1982. “United Nations Convention on the Law of the Sea” (Diakses tanggal .... dari: http://www.un.org/Depts/losconvention_ agreements/tests/unclos/unclos_e/pdf.]
  2. Wawancara: nama-nama yang diwawancarai harus disertakan, dengan menyebut usianya di dalam kurung, dan tempat serta tanggal wawancara. (Wawancara dengan _____ (55 tahun), Tangerang, 10-8- 2013.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

    Artikel belum pernah diterbitkan sebelumnya, juga sebelumnya tidak pernah dipertimbangkan untuk jurnal lain (atau pernah diajukan dan diberikan komentar oleh Editor.

  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.

    File yang dikirim harus dalam format file dokumen Open Office, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

  3. Where available, URLs for the references have been provided.

    Jika memungkinkan, URL untuk referensi telah disediakan.

  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

    Penulisan teksnya adalah dalam spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garisbawah (kecuali untuk  alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.

  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.

    Penulisan teks harus mematuhi ketentuan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan bagi Penulis, yang dapat ditemukan di Author Guidelines.

  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

    Jika artikel dikirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat (mitra bestari), petunjuk dalam memastikan Blind Review telah diikuti.

 

Copyright Notice

Creative Commons License
Jurnal Seni Urban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License/ CC BY-SA 4.0

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)